pantang menyerah

Pantang menyerah
Dalam hidup memang penuh dengan rintangan, tiada satu pun manusia didunia ini yang tidak mempunyai masalah. Jika ada manusia yang tidak pernah mengalami permasalahan itu sudah menjadi tanda tanya besar, bahkan presiden pun yang sudah jelas kesejahteraan hidupnya pastilah ada permaslahan yang di alaminya. Jadi siapapun kita, apapun propesi kita , kita harus mempunyai semengat yang kuat , berfikir yang logis, jangan mempunyai  sifat menyarah, meskipun terkadang masalah kita memang sangat berat kita harus bisa menghadapinya dengan lapang dada, dengan berdoa dan berusaha mencari jalan keluar dari segaka masalah kita, misalnya dalam sebuah perkuliahan , kita sudah tau bagaimana beratnya   beban yang akan di tanggung oleh seorang mahasiswa dimulai dari pembuatan tugas sampai ke pembuatan skripsi  sampai dia wisuda untuk mencapai cita-cita  yang ingin dia capai.

          Sikap pantang menyerah merupakan sikap yang sangat  efektif didalam kehidupan kita dalam bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Dalam sikap pantang menyerah ini kita  kita  harus  mempunyai prinsip   sekali gagal kita harus lebih semangat  lebih bergairah  untuk  berjuang  kembali  dan  mengkoreksi apa kesalahan yang  kita buat  dalam kegagalan tersebut. Kita bekerja keras sekuat mungkin sampai tujuan kita itu  dapat tecapai,  prinsip yang kita gunakan yaitu winner never quit and  qutter never win  dengan  makna seorang pemenang  memiliki sikap mental  yang tidak mudah menyerah  sekalipun dalam keadaan dan situasi  yang kita  hadapi sangat sulit . kita harus menyedarih bahwa dalam mencapi kemenangan  kita  harus mampu  mengalahkan segala  kesulitan dan rintangan yang menghadang  kita.

       Contoh nyata yang bisa kita lihat dalam kehidupan seorang tokoh  yang pantang menyerah   yaitu  Thomas Alva Edison, kita  tau bahwa  beliau adalah seorang penemu lampu pijar, yang secara tidak lansung  mengubah dunia dari situasi yang gelap menjadi  dunia yang terang. Dia menemukan lampu pijar   dengan uasaha yang   luar biasa, dulu waktu kecil  beliau pernah sekolah hanya selama 3 bulan  karna gurunya  mengatakan bahwa  beliau  termasuk murid yang sering tertinggal  mata pelajaran dan tidak mempunyai bakat. Tetapi ibunya tidak terima anaknya dibilang orang seperti itu  dan ibunya  mengajari dia di rumahnya, sehingga sewaktu kecil pun dia  sudah  menunjukkan sifat keinginan tahunya pada semua hal, seperti pada saat itu dia sudah  mulai membedah  hewan – hewan, bukan  untuk mempermainkan hewan tersebut  tetapi dia hanya ingin  tau apa apa saja yang ada dalam hewan tersebut karena rasa ingin tahunya yang tinggi, sehingga pada usia sebelas tahun dia  sudah membangun  laboratorium  kimia sederhana di bawah tanah rumah ayahnya.yang dia gunakan untuk beberapa eksperimen/ percobaan.

          Pada tahun  1961 dia mengalami  hampir kehilangan pendengaran  akibat kecelakaan , karena dia berjuang untuk menjual Koran  yang di cetaknya  tentang  masa  perang saudara antara  Negara- negara bagian utara dan selatan .  tetapi walaupun kondisinya  seperti itu dia   tidak menganggap   bahwa dia mempunyai  cacat malah menganggap  sebagai keuntungan karena dia berfikir  dalam keadaann tersebut dia  lebih banyak memiliki  waktu untuk berfikir  daripada   mendengarkan  pembicaraan kosong.
 Pada tahun  1877  ia menemukan   phonograph. Dan pada tahun ini juga dia  menemukan lampu pijar  dengan mencurahkan seluruh tenaga  dan waktunya  serta menghabiskan   banyak uangnya untuk percobaan lampu pijar dan didalam  percobaan itu dia beberapa kali  mengalami kegagalan, namun  dia tidak pernah menyerah  dalam tujuannya tersebut , sampai  6000 bahan  yang di  cobanya dalam eksperimen tersebut dan waktu yang di perlukan dalam penemuanya ini  selama 2 tahun. Dan melalui kerja kerasnya itu , beliau  berhasil menemukan  lampu  pijar listrik pertama  yang mampu menyala  selama 40 jam.

 Itulah contoh dari  seorang tokoh yang memiliki jiwa pantang menyerah, kita pun harus bisa menghadapi kehidupan ini  seperti cara yang  beliau lakukan itu, memiliki semangat juang   besar, dan kesabaran dalam melakukan  segala pekerjaanya,  semoga  kita dapat termotivasi dalam  pengalaman hidup  beliau. Kita juga perlu menanamkan  prinsip  atau pepatah yang  beliau nyatakan  yaitu “Keberhasilan  saya ini diperoleh dar i99%   keringat/kerja keras, dan satu 1 %  sisanya inspirasi/ IQ”.

Semoga bermanfaat bagi kita semua, kiranya seetelah membaca ini  kita terinspirasi untuk bangkit dari kegagalan kita, dan berjuang kembali untuk mencapai tujuan kita.!!!!!


           


Comments

Popular posts from this blog

Hakekat dan Dimensi Manusia

cara untuk memotivasi diri sendiri