cara untuk memotivasi diri sendiri



           Cara memotivasi  diri sendiri ke arah yang lebih baik

Kita  pasti pernah  mendengar  motivasi  terbaik adalah  diri sendiri.benar sekali dimana dorongan untuk mengubah diri  kita adalah kemauan dari  kata hati kita tanpa adanya suatu  unsur paksaan dari siapapun. Kita bisa mengubah hidup kita menjadi pribadi yang lebih baik. Bagaimana  cara merubah diri kita menjadi orang yang lebih baik?,

Seperti yang kita tau dalam realita kehidupann ini  kita tidak bisa  lari dai suatu masalah  atau suatu persoalan  tanpa terkecuali sebagai makhluk  sosial.maka dari itu kita  bisa melatih  untuk menyemangati  diri kita sendiri  agar kita bisa menjalani kehidupan kita dan bisa menghadapi permasalahan yang datang menghampiri kita. persoalan atau permasalahan dalam hidup kita bisa kita hadapi dengan bagaimana kita  memandang permasalahan itu, apakah  kita  memiliki semangat juang yang dapat membuat kita teus maju. Atau kita memiliki karakter mudah putus asa, yang membuat kita  susah untuk menyelesaikan permasalahan tersebut. Maka untuk kali ini  saya akan membagikan artikel tentang bagaimana caranya supaya kita termotivasi dan  mempunyai semangat juang untuk menjalani  kehidupan kita.

Cara- cara yang perlu kita  perhatikan untuk memotivasi diri  sendiri, yaitu:

1.      Rasa percaya diri kita  yang harus kita tingkatkan dimana  rasa percaya diri ini kita dapatkan  dengan membiasakan diri kita menghilangkan rasa kekwatiran,kita harus yakin bahwa kita bisa menjadi orang seperti yang kita harapkan. Meningkatkan atau membulatkan  tekat  untuk meraih   keinginan kita. Harus ada dalam benak kita bahwa kita itu bisa.


2.      Fokus,apa sih yang dimaksud deengan fokus?,fokus itu merupakan konsentrasi penuh terhadap satu tujuan, berarti fokus itu merupakan kita itu harus mempunyai  tujuan yang jelas dalam kehidupan kita, jangan sampai kita tidak tau apa tujuan yang sedang kita kerjakan , kita harus menghilangkan rasa ketakutan, melainkan kita harus membuat rencana  untuk menciptakan suatu pergerakan atau tindakan untuk mewujudkan keinginan kita. Dengan kita memfokuskan  pikiran kita pada suatu  hal yang  baik atau positif untuk melakukan tindakan  yang tidak menunda-nunda hal tindakan yang sudah kita tetapkan.


3.      Cara ketiga dalam memotivasi  diri kita adalah mengetahui tujuan hidup kita,  harus ada  terpikir di benak kita sebenarnya apa  tujuan hidup kita ini,nah dengan  pikiran itu pula maka akan muncul di benak ki ta  juga  berarti harus ada tindakan kita untuk dapat mencapainya. kunci dalam  menemukan arah tujuan adalah  dengan mengidentifikasi  tindakan-tindakan  kita sehari- hari yang membawa kita  ke arah yang lebih baik.


4.      Menumbuhkan sikap positif,cara yang keempat ialah  kita  adanya rasa kita untuk menumbuhkan sikap positif terhadap diri kita masing-masing ,dengan menanamkan sikap positif  berarti  sikap kita dan cara pandang kita  terhadap sesuatu menanggapinya dengan sikap positif, dan sikap ini akan membuat kita untuk mempertimbangkan  sesuatu dengan sikap jernih, pikiran dan hati kita akan bersih  dari prasangka buruk  yang belum tentu kebenaranya.


5.      Mawas diri,sikap kita untuk berhati- hati didalam  tindakan atau perbuatan  kita dalam kehidupan kita. Mawas diri  ini memampukan kita untuk  mengatur  respons  sosial kita agar sesuai dengan  linkungan ,masyarakat dimanapun kita berada.


6.      Tidak membandingkan diri kita dengan orang yang lebih dari kita, pada   zaman ini mungkin  kita makin mudah untuk membanding- bandingkan diri kita terhadap orang lain,efeknya itu  semakin canggihnya  segala hal dalam dunia global ini, seperti  aplikasi sosial media sekarang ini  yang memudahkan kita untuk mengakses segala informasi dan pengetahuan dari aplikasi tersebut, namun tidak semua orang  yang  mampu untuk memiliki  itu karna keterbatsan ekonomi. Nah oleh sebab itu kita tidak perlu untuk membandingkan diri kita  dengan orang lain, apa yang ada pada diri kita sendiri itu sajalah dulu yang kita manfaatkan, sebab  ada juga seorang hilter yang mengatakan ketika kita membandingkan diri kita terhadap orang lain, sejatinya kita telah menghina diri kita sendiri. Nah  jika kita pikir  pikir dengan dengan teliti memang pernyataaan itu benar bukan?, menurt pribadi saya sendiri memang itu sangat benar,   jika kita membandingkan diri dengan orang lain pastinya akan ada rasa  yang  tumbuh   irih dan dengki, dan  pikiran negatif lainya. Untuk itu kita harus meniadakan sikap itu  supaya hidu kita  lebih ringan dan bahagia.


7.      Bersyukur terhadap apa yang sudah kita terima dalam hidup ini, dengan melakukan hal ini kita  menghargai dan menghormati  kebesaran  Tuhan  yang sudah di berikan kepada  masing- masing kita semua, bersyukur memang tidak mudah untuk dilakukan, karena  penilaian yang bisa di berikan bukan  hanya perbuatan dan  perkataan saja, tapi Tuhan  bisa melihat dalam hati kita yang sesungguhnya,  segala rintangan hidup  yang menggoncang keadaan kita, tidak  dapat memberikan rasa syukur kita  yang sepenuhnya. Tetapi hendaknyalah kita melihat  bahwa  sudah lebih banyak hikmat kebaikan yang kita dapatkan dari sang pencipta dalam keseharian kita menjalani kehidupan. Bila pun suatu saat nanti kita sukses kita harus mensyukuri   hal tersebut, dan  bila kita gagal, kita jangan lansung putus asa kita harus bersabar, jangan kita selalu melihat ke depan, tetapi  menolehlah ke belakang masih banyak yang lebih  menderita dari pada kita. Marilah kita  terapkan  hal itu dalam hidup  pasti kita kan lebih menempuh hidup bahagia.


8.      Mempunyai  visi dan  misi  dalam hidup kita,  dalam memotivasi  diri kita, harus memiliki   visi dan misi, visi itu merupakan  sama dengan  tujuan hidup yang  hendak  kita  capai, visi ini kita dapatkan dengan usaha yang kita lakukan, dan visi ini membuat hidup kita lebih terarah, yang membuat cita-cita atau tujuan hidup kita daat tercapai. Misi hidu itu merupakan  cara atau usaha yang kita  lakukan untuk mencapai  visi hidup yang sudah kita buat. Maka dengan adanya  kedua  ini akan memudahkan hi dup kita untuk menjadi lebih baik.

Kesimpulan dari artikel ini ialah untuk  memotivasi hidup kit ke arah yang lebih baik, atau pun sukses dengan ke delapan cara tersebut  dan pastinya kita hidup bahagia .

Semoga bermanfaat eah !!!!!!!









/

Comments

Popular posts from this blog

Hakekat dan Dimensi Manusia

pantang menyerah